Jumat, 01 Juni 2012



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   3

Nama Sekolah                         : SMP Negeri 7 Kunto Darussalam
Mata Pelajaran                        : IPA
Kelas/ semester                       : VIII
Standar Kompetensi                 :5.  Memahami pranan usaha, gaya, dan energ dalam kehidupan sehari – hari.
Kompetensi Dasar                     : 5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Waktu                                     : 2 x 40 menit

Indikator
:
1.Mendeskripsikan hukum paskal
2. Meyebutkan contoh alat yang bekerja berdasarkan hukum pascal
3. Menentukan besarnya gaya yang bekerja pada kempa hidrolik
Karakter siswa yang diharapkan
:
-          Rasa ingin tahu
-          Kreatif
Diskripsi karakter
:
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih dalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
Tujuan Pembelajaran
:
1)   Setelah demosntrasi dengan menggunakan alat paskal siswa dapat menjelaskan hukum pascal dengan benar
2)   Setelah diskusi siswa dapat menyebutkan contoh alat-alat yang bekerja berdasarkan hukum pascal.
3)   Setelah diskusi siswa dapat mennetukan besar gaya yang bekerja berdasarkan hukum paskal.
Materi Pembelajaran
:
Hukum paskal



Metode                       
:
Demostrasi



Model pembelajaran
:
Iknuiri terbimbing
Sumber belajar           
:
Lingkungan sekolah, buku paket sisiwa (Esis dan Bumi Aksara)





Kegiatan Pembelajaran:
No
Kegiatan
Waktu
A
Pendahuluan:
Motivasi                          : Apa yang terjadi jika alat paskal ini diisi dengan air lalu ti tekan ?
Prasyarat pengetahuan : Mengapa terjadi demikian?
1.Menulis judul / materi pembelajaran
2.Menulis tujuan pembelajaran
5’
B
Kegiatan inti :
Eksplorasi, guru:
1.      Siswa duduk menurut kelompok yang sudah ditentukan sebelumnya (nilai: Bersahabat/kominikatif)
1.      Guru memberikan LKS  pada masing-masing kelompok sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2.      Menjelaskan cara mengerjakan LKS (nilai: rasa ingin tahu)
3.      Masing – masing kelompok mendiskusikan LKS guru membimbing siswa (nilai bersahabat).
Elaborasi:
a.       Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi (nilai: menghargai prestasi)

Konfirmasi:
1. Guru memberikan penjelasan jika ada materi yang kurang jelas
2. Guru memberikan soal latihan dan meminta salah seorang siswa untuk menyelesaikan dipapan tulis
50’

Penutup :
Rangkuman
Hukum Pascal
Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan kesegala arah dengan sama besar.

Besarnya tekanan yang diteruskan menurut pascal adalah:

F2 = F1. A2/A1

F1 = Gaya pada pengisap kecil (N)
F2 = Gaya pada pengisap besar (N)
A1 = Luas penampang pengisap kecil (m2)
A 2 = Luas penampang pengisap besar (m2)

contoh:
Mesin hidrolik dengan penampang A1 = 20 cm2 dan penampang A2 = 200 cm 2. Jika pada penampang A1 dikerjakan gaya 50 N, tentukan besar gaya yang dihasilkan pada penampang A2!

Diketehui:
                 A1= 20  cm2
                 A2 = 200  cm2
                F1   = 50 N
Ditanya : F2 ……….?

Jawab   : F2 = A2 / A 1 X F1 = 200 / 20 X 50 = 500 N

Alat-alat yang bekerja bedasarkan hukum pascal adalah:


 










20

Refleksi
5’

2.Guru memberikan tes tertulis/ penilaian
a. teknik penilaian     : tes tertulis / subjektif
b. Bentuk instrumen : esai

10’


Kartu  soal
KD
Materi
Indikator
No
soal
Butir soal
Jawaban
Skor
Ranah Kognitif
1
Hukum Pascal
Siswa dapat mendeskripsikan hukum Pascal


Siswa dapat menentukan besar gaya yang di teruskan oleh zat cair dalam ruang tertutup menurut hukum Pascal





Siswa dapat menyebutkan alat-alat yang bekerja berdasarkan hukum Pascal
1







2













3
Jelaskan hukum Pascal!








 Sebutkan 2 jenis alat yang bekerja berdasarkan hukum pascal!


C1



Mengetahui,
Bukit Intan Makmu, 27 Pebruari 2012
Kepala Sekolah
Guru mata Pelajaran IPA






BASHORI, A.MaPd
YUSTINI, S.Pd
19621108199231003
196204141983022002











LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Nama         :
Kelas          :
Judul          : Hukum Paschal
Tujuan        :
Mengetahui pengaruh tekanan pada zat cair melalui hukum paschal.
Alat dan bahan:
1.Sebuah ruas bamboo atau pipa paralon bergaris tengah 3 – 4 cm.
2. Bor kecil
3. Pengisap atau klep terbuat dari kain basah
Cara Kerja:
1.    Lubangi ujung dekat bamboo dengan bor kecil dan buatlah enam lubagng mengelilingi bamboo.











2.    Pada ujung yang lain masukkan pengisap atau klep (bamboo ini berfungsi seperti pompa).
3.    Masukkan ujung pompa yang berlubang kedalam air, lalu tarik pengisap keluar sehingga air masuk kedalam bambu.
4.    Angkatlah pompa itu, kemudian tekanlah pengisap dengan cepat.
5.    Amati pancaran air dari setiap lubang. Samakah panjang pancaran air dari lubang tersebut? Mangapa demikian?
6.    Buatlah kesimpulanmu! 


7.    Amatilah gambar dibawah ini! Jelaskan prinsip kerjanya!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar